Tauhid, Tafsir, Hadits, Tasawuf, Fiqih, Hukum, Dakwah, Komunikasi, Sosial, Sains, Trending Topic

Friday 7 October 2016

Sedekah Paling Utama

Sedekah Paling Utama

Manusia belum termasuk baik meskipun dia tidak pernah lupa memberikan zakat, karena itu sudah menjadi kewajibannya sebagai muslim. Baru bisa disebut baik apabila disamping mengeluarkan zakatnya, dia juga mampu memberikan sedekah dari sebagian hartanya. Pasti terlontar pertanyaan, lalu bagaimana sedekah paling utama supaya menjadikan sedekah yang berkualitas?


Sedekah Paling Utama



Ini tips dari Rosulullah supaya kita mendapat pahala sedekah paling utama :


وقَالَ الصَّدَقَةُ عَلَى الْمِسْكِينِ صَدَقَةٌ وَهِيَ عَلَى ذِي الرَّحِمِ ثِنْتَانِ صَدَقَةٌ وَصِلَةٌ....

(TIRMIDZI - 594) : ..... "Sedekah kepada orang miskin hanyalah sedekah, sedangkan sedekah kepada kaum kerabat akan mendapatkan dua (pahala) yaitu pahala sedekah dan menyambung silatur rahmi. ...

Kaum kerabat yang dimaksud diantaranya, kerabat yang tidak wajib diberikan nafkah dengan urutan mendahulukan yang paling dekat dari mahrom, kemudian suami atau istri, kemudian kerabat yang bukan mahrom, kerabat dari jalur bapak atau ibu, tetangga juga bisa dikategorikan sebagai kerabat, karena memberikan kepada kerabat dekat pahala sedekah paling utama dari pada selain kerabat. Akan sia-sia sedekahmu apabila diberikan kepada selain kerabat juga tetangga, sedangkan kamu tahu kalau kerabat dan tetanggamu sedang membutuhkan.

Dengan Sedekah harta kita akan terus bertambah, bukan menjadikan harta itu berkurang atau habis namun akan lebih berkah. Yang tadinya usaha kita susah, bisa menjadikan lebih mudah. Yang tadinya rizki kita masih jauh, bisa menjadikannya lebih dekat berkat sedekah. Namun jangan dibarengi oleh sifat-sifat yang dapat melukai hati si pemberi, karena dengan begitu bisa mengurangi bahkan menghilangkan pahala sedekah kita.

Mari tingkatkan amal ibadah kita, pererat tali persaudaraan kita melalui sedekah, sehingga kita berada pada jalan yang Allah ridhoi. Harta yang kita miliki semakin bertambah dengan sedekah,  juga dibarengi dengan berkah, suasana atau lingkungan hidup semakin makmur. Aamiin ya robbal 'alamin

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Sedekah Paling Utama

0 komentar:

Post a Comment